Inilah Layanan Fasilitas Kesehatan Yang Ada Di Indonesia – SehatQ.com

Khusus untuk kali ini kita akan bahas materi yang sangat penting di kehidupan manusia. Apa itu ya? Ayo simak dan baca penjelasannya sampe akhir ya.

Saat ini jika kalian ditanya sering merasakan nikmat sehat atau sakit? Mungkin jawaban sebagian besar akan memilih opsi sering dalam kondisi sehat wal afiat. Tapi ketika pertanyaannya kita ganti menjadi Pernah kah kalian merasakan sakit atau kondisi tidak sehat yang terjadi pada tubuh kalian? Mungkin jawaban nya 100% orang di seluruh dunia akan mengatakan pernah mengalami yang namanya Sakit ya. Jadi tidak heran lagi kita mendengar istilah sakit tersebut.

Hal yang lumrah terjadi pada tubuh kita ketika berada pada kondisi yang tidak sehat seperti biasanya. Saat tubuh kita sakit, semua aktivitas seperti biasa yang kita lakukan menjadi tidak enak. Dan sering kali tubuh kita akan loyo dan kita akan memilih untuk beristirahat sejenak di rumah.

Namun ketika kondisi tubuh semakin tidak terkendali, maka kita akan segera bergegas untuk mendatangi fasilitas kesehatan untuk menyembuhkan atau bahkan meringankan penyakit yang menganggu aktivitas kerja kita sehari – hari. Fasilitas yang biasa kita kunjungi saat sakit yaitu mulai dari puskesmas, klinik atau pun rumah sakit.

Nah sebelum berkunjung ke fasiltas kesehatan, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia. Sehingga pengobatan atau penyembuhan penyakit yang kita alami cepat pulih ke keadaan semula.

Adapun Layanan kesehatan tersebut dibedakan menjadi tiga tingkatan, yaitu :

  1. Fasilitas kesehatan Tingkat pertama (Faskes I)

Pada fasilitas kesehatan tingkat pertama ini kita akan mendapatkan pelayanan kesehatan dasar. Pelayanan ini biasa akan diberikan oleh puskesmas, klinik atau dokter umum. Faskes I ini sering juga dikenal dengan nama Faskes primer. Biasanya masyarakat yang ingin berobat akan dianjurkan terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan pada faskes ini. Jika sakit tidak bisa tertangani di Faskes I, maka akan dirujuk ke faskes tingkat kedua atau pun tingkat lanjut.

  1. Fasilitas kesehatan Tingkat kedua ( Faskes II )

Fasilitas kesehatan tingkat kedua merupakan fasilitas kesehatan rujukan dari faskes tingkat I. pada faskes tingkat II memberikan pelayanan kesehatan spesialistik. Pelayanan faskes II ini dilakukan oleh tenaga medis dokter spesialis atau pun dokter gigi spesialis.

  1. Fasilitas kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL)

Fasilitas kesehatan tingkat lanjutan ini merupakan tempat pelayanan kesehatan lanjutan terakhir jika faskes tingkat kedua tidak mampu menangani penyakit yang di derita oleh pasien, biasanya faskes tingkat I ataupun Faskes tingkat II akan merujuk ke Faskes tingkat lanjutan ini. Pelayanan kesehatan pada faskes tingkat lanjutan ini dapat diberikan oleh klinik utama yang setara, rumah sakit umum, dan rumah sakit khusus.

Setelah kita mengenal beberapa jenis faskes di Indonesia ternyata beda faskes maka berbeda pula alur pelayanannya. Untuk faskes tingkat pertama melakukan pelayanan rawat jalan serta lebih ditekankan pada aspek pelayanan promotif dan preventif. Berbeda hal nya dengan FKRTL yang kalau kita lihat alur pelayanannya berbasis pada pelayanan rawat jalan dan rawat inap. Masih Bingung dengan system faskes Kesehatan di Indonesia? Yuk konsultasi saja Faskes dan kesehatanmu hanya di daring SehatQ.com. di sehatQ.com terdapat banyak sekali layanan Kesehatan dan dokter yang sudah professional. Konsultasi Kesehatan di sehatQ.com tanpa antri hanya daring dalam genggaman

Nah setelah kita mengetahui 3 fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia, maka kita tidak akan kebingungan lagi jika suatu saat memerlukan bantuan para medis di fasilitas kesehatan. Kita sudah tahu mana yang cocok untuk penyakit yang diderita. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua.